Jumat, 30 November 2012

Vincent Castiglia, "Sang Pelukis Darah"

Membuat suatu sensasi, kebodohan atau sebuah terobosan sebuah karya seni yang dilakukan pelukis satu ini. Vincent Castiglia, seorang pelukis asal New York ini membuat semua hasil karyanya dalam kurun waktu sepuluh tahun ini dengan menggunakan cat yang berasal dari darahnya sendiri!

Lantas, mengapa Castiglia menggunakan darahnya sendiri? »Saya membutuhkan hubungan mendalam dengan karya saya dalam tingkatan yang sangat intim,” kata perupa asal New York itu menjelaskan tindakannya. Apalagi, ia menambahkan, darah manusia mengandung zat iron oxide, pigmen yang juga ditemukan pada cat tradisional untuk melukis.

Respon publik menurut Castiglia sejauh ini cukup positif. Meski ia mengakui tak sedikit pula yang menganggap pilihannya mengerikan. »Saya hanya bisa berkata kepada mereka, tolong nilai karya saya secara keseluruhan. Bukan sekedar dari pilihan bahan untuk melukis,” ia meminta.

Proses pembuatan lukisannya hampir sama dengan perupa lain. Awalnya ia membuat sketsa dari pensil. Kemudian ia »mengekstrak” darahnya sebagai cat di studio. Akhirnya ia melukis dengan tema surealis yang menggambarkan tubuh manusia dalam berbagai segi.

Salah satu lukisan terbesarnya diselesaikan dalam kurun tiga bulan. Harga jual lukisannya pun cukup mahal mulai dari US$950 – US$26,000. Bahkan lukisan Castiglia sempat terpampang dalam sebuah film bergenre horor "Savage County” pada 2010.


Berikut contoh foto-foto lukisan darah hasil karya Vincent Castiglia












Tidak ada komentar:

Posting Komentar